KENAPA CUCI TANGAN DI ERA PANDEMI COVID-19 ITU PENTING?

Salam : Smile, Memorable and Care

Momen hari cuci tangan pakai sabun sedunia pertama kali dicetuskan pada 15 Oktober 2008 oleh Global Public-Private Partnership for Handwashing (PPPHW) dan didukung oleh PBB. Peringatan yang kemudian menjadi momentum tahunan tersebut diawali dengan aktivitas mencuci tangan menggunakan sabun yang dilakukan 120 juta anak di lebih dari 70 negara.

Mencuci tangan adalah salah satu tindakan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air dan sabun (sabun biasa atau antiseptik) ataupun mencuci tangan tidak di air mengalir tetapi dengan cairan berbahan dasar alkohol, agar tangan menjadi bersih, memutus mata rantai kuman, salah satu upaya pencegahan penyakit, berguna pula untuk penurunan tajam angka kematian dari penyakit menular yang saat ini masih terus terjadi.

Beberapa orang masih menganggap bahwa cuci tangan merupakan hal yang sepele dan sering dilupakan, mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun. Padahal, kebiasaan mencuci tangan adalah awal yang baik untuk mencegah berbagai penyakit. Itu sebabnya, kebiasaan mencuci tangan menjadi hal penting yang harus ditanamkan dalam keluarga.

Menggunakan sabun saat mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus meluangkan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, tetapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup. Efek lainnya adalah, tangan menjadi harum setelah dicuci dengan menggunakan sabun dan dalam beberapa kasus, tangan yang menjadi wangilah yang membuat mencuci tangan dengan sabun menjadi menarik untuk dilakukan.

Pandemi virus corona (Covid 19) saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia. Hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang terbukti efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Badan Kesehatan Dunia atau WHO serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC pun mengeluarkan himbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah corona jenis baru ini. Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

RS SMC menerapkan cuci tangan sejak awal RS berdiri, dikuatkan pula dengan SPO dan kebijakan RS SMC tentang kepatuhan mencuci tangan yang benar, untuk meningkatkan kepatuhan cuci tangan RS SMC melakukan penilaian menggunakan lembar observasi five moment yang telah di adopsi dari WHO. Pada awal pandemi, RS SMC melakukan edukasi dan memberikan kampanye cuci tangan yang benar kepada pengunjung di ruang rawat inap begitu pula dengan poliklinik, sampai saat inipun kami tetap memberikan edukasi cuci tangan secara terus menerus.

Tidak sulit bukan? dengan melakukan cuci tangan, anda dapat mencegah infeksi virus pada diri sendiri, orang sekitar dan bahkan komunitas seperti keluarga dan tempat kerja. Ingatlah  untuk selalu mencuci tangan yang benar every day and every moment.

 

Salam : Smile, Memorable and Care

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •