Pesan Dasar Gizi Seimbang

PENGERTIAN
Dalam upaya menanggulani masalah gizi ganda (gizi kurang dan gizi lebih) ditetapkan 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang agar masyarakat mempunyai perilaku konsumsi yang baik dan benar.

⦁ MAKANLAH ANEKA RAGAM MAKANAN
Setiap orang perlu mengkonsumsi aneka ragam makanan karena tidak ada makanan yang mengandung semua jenis zat gizi.

⦁ MAKANLAH MAKANAN UNTUK MEMENUHI KECUKUPAN ENERGI
Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energy, agar dapat hidup dan melaksanakan kegiatan sehari-hari. Kebutuhan energy dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat, protein dan lemak. Kecukupan masukan energy bagi seseorang ditandai dengan berat badan yang normal.

⦁ MAKANLAH MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT, SETENGAH DARI KECUKUPAN ENERGI
Makanlah sumber karbohidrat komplek seperti beras, jagung, singkong, ubi jalar, kentang, mie dan sagu. Konsumsi karbohidrat sederhana (gula) dibatasi 3-4 sdm per hari, karena tidak mengandung zat gizi lain.

⦁ BATASI KONSUMSI LEMAK DAN MINYAK SAMPAI SEPEREMPAT DARI KECUKUPAN ENERGI
Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energy, membantu penyerapan vitamin A, D, E, K serta menambah lezatnya hidangan. Sebaiknya menggunakan lemak dan minyak nabati (minyak kelapa, minyak jagung, minyak kacang, atau minyak nabati lain). Mengkonsumsi lemak hewani berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Dianjurkan dua bagian makanan mengandung lemak nabati dan satu bagian mengandung lemak hewani.

⦁ GUNAKAN GARAM BERYODIUM
Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan KIO3 (Kalium Iodat) sebanyak 30-80 ppm. Kekurangan iodium dapat menyebabkan penyakit gondok, kretin, dan menurunkan tingkat kecerdasan. Konsumsi garam dianjurkan tidak lebih dari 1 sendok teh per hari.

⦁ MAKANLAH MAKANAN SUMBER ZAT BESI
Zat besi adalah salah satu unsure penting dalam proses pembentukan sel dalam darah. Bagi wanita hamil, ibu menyusui, anak sekolah, dan pekerja berat dianjurkan banyak mengkonsumsi sumber zat besi (sauran berwarna hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging).

⦁ BERIKAN ASI PADA BAYI SAMPAI UMUR 4 BULAN
ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Karena mempunyai kelebihan yang meliputi 3 aspek yaitu : aspek gizi, kekebalan, dan kejiwaan. ASI yang berwarna kekuning-kuningan (kolostrum) sebaiknya diberikan. Pemberian air gula, tajin dan madu, harus dihindari walaupun ASI belum lancar.

⦁ BIASAKAN MAKAN PAGI
Makan pagi atau sarapan sangat bermanfaat untuk memelihara ketahanan fisik, daya tahan saat bekerja, meningkatkan produktifitas kerja, meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran.

⦁ MINUMLAH AIR BERSIH, AMAN DAN CUKUP JUMLAHNYA
Air minum harus bersih, bebas kuman dan didihkan dulu. Kebutuhan air minum minimal 2 liter (8 gelas) tiap hari. Mengkonsumsi cukup cairan, dapat mencegah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan menurunkan resiko penyakit batu ginjal.

⦁ LAKUKAN KEGIATAN FISIK DAN OLAHRAGA SECARA TERATUR
Kegiatan fisik dan olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot serta memperlambat proses penuaan.

⦁ HINDARI MINUM-MINUMAN BERALKOHOL
Minuman beralkohol hanya mengandung energy, tetapi tidak mengandung zat gizi lain. Kebiasaan minum minuman beralkohol mengakibatkan terhambatnya proses penyerapan zat gizi, penyakit gangguan hati, kerusakan saraf otak dan jaringan.

⦁ MAKANLAH MAKANAN YANG AMAN BAGI KESEHATAN
Makanan yang aman adalah makanan yang bebas kuman dan bahan kimia yang berbahaya, harus diolah secara hygienis sehingga tidak mengandung cemaran yang dapat membahayakan kesehatan.

⦁ BACALAH LABEL PADA MAKANAN YANG DIKEMAS
Label pada makanan yang dikemas adalah keterangan tentang isi, jenis dan ukuran bahan bahan yang digunakan, susunan zat gizi, tanggal kadaluarsa dan keterangan penting lain. Setiap produk makanan yang dikemas harus mencantumkan keterangan pada label.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •