HIDUP SEHAT TANPA VARISES

Narasumber : dr. David H. Christian, Sp.BTKV, M.Ked.Klin

(Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular RS SMC)

 

Salam : Smile, Memorable and Care

Halo Medikanian,

RS SMC kembali hadir dalam acara Ngobras (Ngobrol Sehat) yang diadakan oleh BSK Radio Network. Adapun bincang-bincang kali ini hadir dalam bentuk siaran langsung melalui zoom yang disiarkan melalui radio 96.0 fm dan melalui IG TV @medikacitra. dr.David H.Christian selaku Narasumber sekaligus Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular RS SMC mengangkat tema utama yaitu “Hidup Sehat Tanpa Varises”. Berikut kami sampaikan intisari dari talkshow kesehatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 2 September 2020 ini:

Varises merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya berwarna biru keunguan. Orang-orang yang mengidap penyakit ini, pembuluh vena mereka juga dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang-kadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin. Varises dapat terjadi di semua pembuluh vena pada tubuh. Namun, kondisi ini paling sering terjadi di kaki (terutama betis) karena tekanan yang besar saat kita berdiri atau berjalan.

Penumpukan darah di dalam pembuluh vena terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar atau dapat dikatakan hilangnya elastisitas pada dinding vena.

Gejala dari timbulnya varises adalah sebagai berikut :

  1. Pembuluh darah yang melebar dan berkelok-kelok
  2. Nyeri / pegal-pegal di kaki
  3. Nyeri bertambah berat setelah duduk atau berdiri lama
  4. Perubahan warna kulit kaki
  5. Gatal disekitar pembuluh yang melebar
  6. Kaki terasa berat

Usia tua, jenis kelamin perempuan, kehamilan, riwayat keluarga, obesitas, berdiri atau duduk terlalu lama pada satu posisi merupakan beberapa faktor risiko penyebab terjadinya varises. Meskipun tidak semua risiko dapat dihindari, melakukan tindakan pencegahan terhadap faktor risiko yang dapat diubah, seperti obesitas dan kurang gerak, dapat membantu kita terhindar  varises. Berikut adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan guna terhindar dari varises :

  1. Olahraga teratur
  2. Menjaga berat badan sesuai BMI
  3. Makan tinggi serat, rendah garam
  4. Menghindari pemakaian sepatu tinggi dan celana terlalu ketat
  5. Mengganti posisi duduk atau berdiri secara rutin

 

Salam : Smile, Memorable and Care

 

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *