CEGAH PENULARAN COVID-19 PADA ANAK

 

Salam : Smile, Memorable & Care

RS Samarinda Medika Citra sebagai salah satu rumah sakit yang telah terakreditasi di Kota Samarinda, terus mengupayakan penerapan standar mutu pelayanan dalam pelaksanaan pelayanan medis dan keperawatan yang dilakukan di lingkungan RS SMC. Tidak hanya itu, standar pelayanan yang berfokus pada pasien pun diupayakan dapat dilaksanakans secara maksimal melalui program kerja yang bermanfaat bagi pasien dan keluarga, yang dilakukan oleh manajemen RS SMC. Salah satu program yang tetap dilaksanakan selama masa pandemi ini adalah pelaksanaan promosi kesehatan yang dilakukan oleh Bidang Marketing dengan bekerjasama pada Tim Promosi Kesehatan di Rumah Sakit (PKRS) untuk melaksanakan kegiatan promosi kesehatan.

Kondisi pelayanan di RS SMC menjadikan layanan anak sebagai layanan prioritas untuk menetapkan mutu rumah sakit. Dengan konsep ini, tentu program kerja yang dilakukan dan ditetapkan oleh manajemen RS SMC akan terpusat kepada layanan anak. Begitu juga atas program yang telah dilaksanakan, dengan pelaksanaan promosi kesehatan di ruang pelayanan anak merupakan bukti pelaksanaan yang didasarkan pada mutu. Adapun tema yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah “Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Anak”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 29 Juni 2020 dengan narasumber dr. Dwifrista Vani Pali. Kegiatan ini berlangsung selama 45 menit di ruang perawatan anak RS SMC yang dihadiri oleh pasien dan orang tua pasien anak. Dengan tema yang diusung tersebut, dr Vani memberikan pemaparan tentang definisi covid-19, gejala awal penularan virus covid-19, serta cara pencegahaan terjadinya penularan pada anak saat melakukan kegiatan di luar rumah (dalam kondisi mendesak), hingga adanya edukasi terkait cara cuci tangan dan penggunaan masker sebagai upaya pencegahaan penularan virus covid-19.

Adapun Program kerja yang dilakukan oleh Bidang Marketing dan Tim PKRS ini merupakan salah satu program strategis yang dikerjakan oleh bidang kerja, hal ini tentu menjadikan RS SMC akan terus mengupayakan pelayanan secara maksimal untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi setiap pasien yang melakukan pelayanan kesehatan dan pelayanan medis di RS SMC. Selain itu, program ini akan terus dikembangkan untuk menciptakan pelayanan yang lebih baik, dan tentu dengan berbagai tema dan isu yang akan dikembangkan sesuai dengan kondisi di pelayanan, agar tetap tepat guna dalam pelaksanaan pelayanan medis di RS SMC melalui dukungan program promosi kesehatan.

Kegiatan yang telah dilaksanakan ini pun mendapat respon yang positif dari keluarga pasien. Kegiatan edukasi seperti ini semakin membantu para orang tua agar dapat semakin waspada dan berpusat kepada anak-anaknya untuk terhindar dari penularan covid-19, dan hal ini tentu membuat kami sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan akan terus berjuang – berpelayanan untuk terus menciptakan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat Kota Samarinda.

Salam : Smile, Memorable & Care

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •